Baca Artikel

Kegiatan

Setelah resmi didirikan pada 02 Agustus 2017, seluruh Pengurus APERTI BUMN melakukan sejumlah rangkaian kegiatan strategis guna menyusun struktur organisasi, Rencana Kerja Jangka Pendek, Menengah, dan Panjang. Kemudian, bertempat di Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) pada 11-12 September 2017, Ketua Umum memutuskan bahwa APERTI BUMN ini harus diresmikan dan diperkenalkan kepada publik. (Suhari Paryoto – Direktur Eksekutif APERTI BUMN)

                                                           

Pertama, APERTI BUMN akan melakukan kolaborasi di bidang kerjasama kelembagaan. Dalam hal ini Universitas Pertamina (UP) menjadi penanggung jawab pelaksana dengan program kerja diantaranya: Kerjasama APERTI BUMN dengan pemerintah dan kerjasama APERTI BUMN dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri  dan  Lembaga  Internasional,  termasuk  inisiasi  akreditasi  internasional. 

 

Kedua,  APERTI  BUMN  akan  melakukan  kolaborasi  akademik.  Universitas Internasional Semen Indonesia ditunjuk sebagai penanggung jawab pelaksana dengan program kerja diantaranya: Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi korporasi; pengembangan program pembelajaran, kuliah kerja nyata, dan program magang; penjaminan mutu dan akreditasi; serta pengembangan program pertukaran dosen, tenaga didik, dan mahasiswa.

 

Ketiga, APERTI BUMN sepakat untuk melakukan kolaborasi penelitian. STT PLN ditunjuk sebagai penanggung jawab dengan program kerja diantaranya: Penelitian bersama anggota APERTI BUMN dan  instansi  terkait;  pengembangan  publikasi  dan  konferensi  ilmiah,  serta pemanfaatan fasilitas riset antar anggota APERTI BUMN.

 

Keempat, APERTI BUMN akan melakukan kolaborasi di bidang  pengabdian  masyarakat  dimana  Sekolah  Tinggi Manajemen  Logistik  (STIMLOG)  menjadi  penanggung jawab.  Program  kerja  yang  akan  dilakukan  adalah: Kerjasama pelayanan industri; kerjasama pemberdayaan UMKM, dan kerjasama pemberdayaan masyarakat.

 

Kelima,  APERTI  BUMN  akan  melakukan  kolaborasi pengembangan  sumber  daya  yang  akan  dipimpin  oleh Telkom    University       (TEL-U)          dengan agenda: Pengembangan kompetensi dan sertifikasi profesi SDM; pengembangan sumber daya ITK bersama, penyelengaraan SPMB APERTI BUMN, dan hal-hal terkait kehumasan dan promosi APERTI BUMN

Artikel Terkait